Cara Memenggal Artikel Blogger

Secara default, artikel atau postingan blogger ditampilkan secara keseluruhan di halaman homepage. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan pembaca apabila artikel yang ditampilkan cukup panjang. Apalagi jika kita menampilkan jumlah postingan yang cukup banyak sekaligus di halaman homepage blog. Untuk mengatasinya kita dapat memotongnya, atau mempersingkatnya, atau lebih akrab dalam dunia blog dikatakan membuat read more blogger. Selain itu dengan membuat read more pada blogger ini akan membuat pembaca semakin penasaran karena belum selesai mereka membaca postingan anda tapi malah dipotong. Baiklah, simak saja langsung penjelasannya.

Caranya ikuti langkah berikut: 
1. Seperti biasa login ke account blogger, kemudian pilih menu Design > Edit HTML, jangan lupa untuk centang Expand Widget Templates dan carilah kode
berwarna merah berikut: 
<data:post.body/>
Biasanya kode tersebut dapat anda temukan tepat di bawah kode:
<div class='post-body entry-content'>
2. Setelah dapat, ganti hanya kode berwarna merah di atas sehingga menjadi seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Read More...</a>
</b:if>
Berikut screenshotnya jika anda masih bingung:
cara membuat read more blogger
Untuk tulisan Read More... dapat anda ubahsesuaikan sendiri, misalnya menjadi Baca Selengkapnya.
5. Save Template hasil pengeditan.
6. Langkah selanjutnya setelah mengedit HTML, kemudian pilih menu Setting lalu pilih Formatting.
7. Masukkan kode berikut pada kotak Post Template:
<span class="fullpost">

</span>
8. Klik Save Settings.

Terakhir adalah hal penting agar fungsi read more blogger dapat berjalan dengan baik yaitu pada saat anda akan mulai menulis artikel, letakkan paragraf yang akan tampil dengan menyisipkan kode <span class="fullpost"> pada paragraf yang akan dipotong dan kode </span> di akhir paragraf tersebut yang akan dipotong. Simpan hasil pengeditan dan lihat hasilnya. Sekarang artikel blog anda sudah dipenggal.

This work is protected by Copyscape and licensed under a Creative Commons Attribution - Non Commercial - Share Alike 3.0 Unported License. Articles cannot be reproduced without permission from the author. For any reuse or distribution, you must make clear to others the license terms of this work. The best way to do this is with a link to this web page.

Silakan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar, Insya Allah agar saya bisa rutin mengunjungi blog anda. Jika belum paham mengenai artikel Cara Memenggal Artikel Blogger, tanyakanlah. Jika ada usulan atau keluhan, izinkanlah saya mengetahuinya. Tanggapi dengan komentar yang bijak dan jangan sia-siakan waktu anda dengan melakukan spam.

0 Komentar:

Post a Comment