Template Generator

Template Generator merupakan layanan pembuatan template yang dilakukan dengan langkah mudah, seperti wizard. Dengan layanan ini desain template akan terasa lebih mudah dan cepat. Hanya berbekal Blogger Template Generator dibawah ini kita sudah bisa membuat template dinamis secara instan tanpa harus menguasai bahasa pemograman seperti HTML, XML dan CSS. Disini yang kita butuhkan hanya sedikit kreatifitas saja, selebihnya imajinasi kita sendiri yang menentukan hasil akhir dari desain template. Sebenarnya saya tidak terlalu merekomendasikan penggunaan template generator. Selain hasil desain kurang begitu bagus dan pastinya diperlukan pengeditan ulang. Namun, untuk mengobati rasa penasaran anda, perlu kiranya saya berikan contoh praktek pembuatan template dengan template generator ini. 

1. Praktek menggunakan Template Generator dengan Pimp My Profile

 
  • Klik menu Blogger Editor pada bagian Blogger
 
  • Maka akan muncul ucapan Welcome, lalu klik link Start di bagian bawah.
 
  • Mulai dari pengaturan Background, anda dapat menentukan warna dan gambar background yang akan digunakan.
  • Lakukan langkah selanjutnya dengan menentukan Tables, Text/Headings, Scrollbars, Graphics, dan akhirnya Finish. Akhiri dengan mengklik tombol “Generate my Code!”.
  • Salin kode dan masukkan kode tersebut ke dalam template Blogger. Caranya, seperti biasa masuk ke bagian kustomisasi blog, klik tab Design (Tata Letak) > Edit HTML. Hapus semua kode template lama lalu paste kode baru Template Generator.
 
  • Simpan dan lihat hasilnya pada halaman blog anda.
Selain menggunakan layanan Template Generator di atas, sebagai alternative gunakan layanan lain di bawah ini:

2. PsycHo - psychogenesis

Melalui situs ini anda dapat merancang blogger template sendiri  mulai dari header hingga footer. Tentu anda tidak diharuskan memiliki pengetahuan lebih tetang HTML, cukup mengaturnya langsung melalui beberapa setting yang tesedia. Seperti yang dikatakan pembuatnya, waktu yang dihabiskan untuk mendesain sebuah template hanya kurang dari 10 menit.

3. Page Column Layout Generator

Generator ini menyediakan berbagai macam pililhan column, mulai dari generator untuk template 1 column bahkan sampai 5 columns juga tersedia. Beberapa fitur lain yang disediakan diantaranya:

  • Liquid design, no tables, no javascript, pure layers and css.
  • Visual layout and backgroud color design, WYSIWYG
  • Cross browser compatibility
  • Compact CSS code, reduce 25% of length
4. Trix Blogspot Template Generator 

TrixTG v1 merupakan sebuah tool untuk membantu desain template Blogspot. Hasilnya sama saja tidak jauh berbeda dengan template generator lainnya dan tidak sebagus yang diharapkan, tetapi fungsi-fungsi atau layanan yang disediakan oleh generator template ini cukup baik.

Hanya ini saja Template Generator yang saya ketahui, semoga hasilnya memuaskan ya dan selamat mengutak atik template.

This work is protected by Copyscape and licensed under a Creative Commons Attribution - Non Commercial - Share Alike 3.0 Unported License. Articles cannot be reproduced without permission from the author. For any reuse or distribution, you must make clear to others the license terms of this work. The best way to do this is with a link to this web page.

Silakan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar, Insya Allah agar saya bisa rutin mengunjungi blog anda. Jika belum paham mengenai artikel Template Generator, tanyakanlah. Jika ada usulan atau keluhan, izinkanlah saya mengetahuinya. Tanggapi dengan komentar yang bijak dan jangan sia-siakan waktu anda dengan melakukan spam.

7 Komentar:

Unknown said...

Wah.. sangat bagus ini sobat...
tapi bagi kita2 yg blm mengerti dgn html mgkn agak susah ya sob...

Ihsanul Huda said...

Ya, untuk itulah sobat blog ini saya buat khusus untuk orng yg ingin blajar HTML CSS, mski dgn ilmu saya yg pas-pasan dan sudah byk dtmukn orng yg jauh lbih byk ilmuny, tapi apa salahny saya ingin membaginya langsung d sini, dan jgn sgan tuk b'tanya, Insya Allah saya kn bantu jika saya mampu..

Karna saya p'nah mrasakn dulu btapa sulitny mncari ssorng yg bisa dharapkn bantuanny, tuk edit template, hingga saya putuskn bli byk buku smua tntang web design (blogspot, drupal, joomla), tapi tuk saat ini saya masih mau fokus blajar blogspot dan mmbaginy d sini b'dasarkan referensi dari buku ataupun internet..

Ohya, thanks sobat dan ga ada kata sulit kalo kita mau mncoba.. Slalu b'fikir positif ya shbt baikku..

Pasti bisa..

CH4NDR4 said...

sip... cocok untuk pemula nih.. hehe

pemula jadi bisa, yang bisa jadi apa ya... hhmmm...

datang ke tempat saya ya, komen di artikelnya, lalu konfirmasi di cbox. follow juga kalo bisa. thanks

http://www.ch4ndr4.com

akhatam said...

sangatt bermanfaat untuk pemula itu.. tx sobat..:D

Unknown said...

wah sekarang enak ya ada layanan theme generator ga kayak dulu susah buatnya :( bisa lsg include jquery ga ya?

www.homework.web.id

tirta suryana said...

wah mantabb nih mas, ane coba dulu y, buat tambah2 ilmu

The Kube said...

terima kasih atas referensinya, bisa dicoba nih

Post a Comment