Sekilas Tentang HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Fungsi HTML di dalam sebuah dokumen world wide web (www), adalah untuk membuat dan mengatur struktur tampilan dokumen tersebut agar bisa dibaca untuk dipublikasikan dan juga untuk menampilkan link atau sambungan ke halaman web lain yang ada di internet dan semua nama file dokumen HTML mempunyai ekstensi html atau htm. Dalam sebuah dokumen HTML anda terdapat tags. Tags adalah penempatan atau nilai format text yang memerintahkan browser untuk menampilkan sebuah dokumen HTML. Saya hanya akan menjelaskan beberapa sintax penting saja sebagai dasar pengetahuan anda untuk membuat template blog. Untuk membuat HTML, anda hanya cukup menggunakan notepad, meskipun sebenarnya sudah banyak software yang memudahkan kita dalam membuat dokumen HTML ini. 

Sintax Dasar HTML

Berikut adalah contoh sebuah struktur dokumen HTML sederhana, tulislah contoh berikut menggunakan notepad kemudian simpanlah dalam format .html dan kemudian buka dalam browser internet favourite anda:
<html>
             <head>
<title>Test HTML</title>
 
             </head>
<body>
                                       Ini hanya test dokumen HTML pertamaku
</body>
</html>
Maka hasilnya adalah:


Skrip diatas hanya file HTML yang sangat sederhana. Setiap tag HTML selalu diawali tag pembuka dan diakhiri dengan tag penutup. Pada contoh tadi misalnya untuk tag <head>, maka harus diakhiri pula dengan tag </head>. Coba perhatikan terdapat tanda "/" pada setiap tag penutup. Biasanya pula dapat ditambahkan meta tag content di antara <head> dan </head> seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya "Cara Menambahkan Meta Tag".

URLs

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator yang menginformasikan lokasi sebuah file pada www dan juga mengidentifikasikan layanan internet, seperti FTP, www, yang menangani file-file tersebut. Istilah ini juga dipakai untuk menunjukkan suatu tempat yang berisikan informasi di Internet seperti contoh di bawah: 


Keterangan:
Protocol adalah metode transfer data dari satu komputer ke komputer lain, antara komputer client dan komputer server.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Gopher 
FTP 
News

Network location adalah mesin tempat data tersebut berada.
Path adalah dokumen yang menunjukkan di direktori mana dokumen tersebut berada.
File name adalah nama file html yang berada dalam direktori web server.

This work is protected by Copyscape and licensed under a Creative Commons Attribution - Non Commercial - Share Alike 3.0 Unported License. Articles cannot be reproduced without permission from the author. For any reuse or distribution, you must make clear to others the license terms of this work. The best way to do this is with a link to this web page.

Silakan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar, Insya Allah agar saya bisa rutin mengunjungi blog anda. Jika belum paham mengenai artikel Sekilas Tentang HTML, tanyakanlah. Jika ada usulan atau keluhan, izinkanlah saya mengetahuinya. Tanggapi dengan komentar yang bijak dan jangan sia-siakan waktu anda dengan melakukan spam.

0 Komentar:

Post a Comment