Disable Klik Kanan Blog

Bicara mengenai hak cipta, tentu anda tidak ingin apabila isi blog anda disalin habis-habisan begitu saja sembarangan oleh pihak lain apalagi tidak mencantumkan referensi artikel tersebut. Bagaimana cara mencegah atau setidaknya mempersulit agar hal ini tidak terjadi? Salah satu cara melakukan copy paste artikel web adalah dengan menggunakan klik kanan mouse lalu pilih copy. 

Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan script berikut:
<script>
var message="Maaf, klik kanan tidak diperbolehkan!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}}
function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}}
if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;}
else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;}
document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")
</script>
Masukkan script tersebut ke dalam gadget HTML/Javascript blog anda. Kemudian periksa halaman blog anda dan anda akan melihat kotak dialog pesan yang muncul ketika melakukan klik kanan mouse. Pesan tersebut dapat anda ubah sesuaikan sendiri dengan mengganti kalimat yang ditandai warna merah pada script di atas. 


Script ini bukan satu-satunya cara yang handal untuk mencegah copy paste karena kita masih bisa melakukannya dengan hanya meminta bantuan keyboard untuk menekan tombol ctrl + c atau pilih menu edit > copy pada menu browser Mozilla anda. Selamat mencoba.

This work is protected by Copyscape and licensed under a Creative Commons Attribution - Non Commercial - Share Alike 3.0 Unported License. Articles cannot be reproduced without permission from the author. For any reuse or distribution, you must make clear to others the license terms of this work. The best way to do this is with a link to this web page.

Silakan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar, Insya Allah agar saya bisa rutin mengunjungi blog anda. Jika belum paham mengenai artikel Disable Klik Kanan Blog, tanyakanlah. Jika ada usulan atau keluhan, izinkanlah saya mengetahuinya. Tanggapi dengan komentar yang bijak dan jangan sia-siakan waktu anda dengan melakukan spam.

7 Komentar:

depalpiss said...

seep buat para pengkopy paste nih mantab! biar kreatif yap sobat! he he he seep keep posting and Spirit! salam ceria.. :)

Ihsanul Huda said...

Ok kawan, thanks for ur support..

Salam..

ΛИDIKΛ∑Lsa said...

Wah boss, klo yg ini tinggal matiin JS Browsers lanjut daah di copast

Ada yang bukan JS tp gbs klik kanan sm Control A/Control C ga nihh??

Thanks

Admin said...

thanks........ www.info17tahunkeatas.blogspot.com

Brenda Florencia said...

thanks for the info ...

klu misalnya tak perlu pakai tulisan bisa ga'?
misalnya di klik kanan, tapi tak keluar apa-apa ...

^^

Ihsanul Huda said...

@ΛИDIKΛ∑Lsa: Sepertiny ada tapi saya blum mnemukn cara yg dmaksud, karna dulu saya p'nah dpt cara srupa spti mnonaktifkn CTRL+U juga..

@Hanaru: Jawabny ada, ok nanti saya post, karna saya blum bisa ngblog akhir-akhir ini, harap maklum..
Nantikn saja y p'kmbangan blog ini slanjutny.. :)

Unknown said...

mantap gan...
terima kasih infonya...
salam kenal dari http://www.black-it.co.cc/

Post a Comment