Disable Seleksi Mouse

Masih berlanjut menangani permasalahan hak cipta, yang baru saja dibahas pada postingan sebelumnya tentang tutorial memasukkan script disable klik kanan blog. Sekarang kita beralih meluncur ke tutorial menghilangkan fungsi seleksi mouse computer pada halaman web. Mendisable (biar agak bule sedikit) atau menghilangkan fungsi seleksi mouse bisa jadi merupakan cara yang paling efektif untuk melindungi isi blog dari copy paste si Plagiator ganteng itu. 

Memang artikel yang disalin sembarangan dalam arti sama persis akan menjadi duplikat konten yang nantinya akan dianggap remeh dan dibenci oleh google. Google setelah mengeluarkan kebijakan barunya tidak lagi memerhatikan pagerank atau backlink yang tinggi karena pagerank atau backlink yang rendahpun bisa saja memiliki traffic yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan traffic yang tinggi dan mematuhi peraturan baru google tersebut bukanlah cara yang instant, dan tentu kita harus kreatif membuat konten yang unik. Bagaimana bisa membuat konten yang unik apabila konten yang kita miliki harus disalin ulang sama persis oleh pihak lain sehingga dianggap duplikat konten dan dimarahi google? Terlebih lagi konten yang disalin ulang tersebut tidak memberikan backlink sebagai sumber referensi konten. Saya tidak begitu menganjurkan penggunaan kode ini karena yang saya tau pada umumnya dari pengalaman blogwalking melihat blog yang menggunakan kode ini terlihat sepi juga mendapatkan hujatan dari pengunjung meski tidak semua, tetapi saya juga pernah terdampar di blog yang menggunakan kode antiplagiator ini memiliki traffic cukup tinggi dilihat dari alexa dan hitstatsnya. Apapun resikonya nanti tetap pada sikap dan keyakinan anda serta kembali pada keputusan anda menggunakan script ini.

Baiklah, berikut praktek sederhana menonaktifkan seleksi mouse pada halaman web blog:
1. Masuk ke dalam kustomisasi blog lalu klik tab Design > Edit HTML.
2. Temukan bagian kode <body>.

3. Ubah kode tersebut menjadi:
<body onmousedown=”return false” oncontextmenu=”return false” onselectstart=”return false” >
4. Save template dan lihat hasilnya pada halaman blog anda.
5. Selamat mencoba.

This work is protected by Copyscape and licensed under a Creative Commons Attribution - Non Commercial - Share Alike 3.0 Unported License. Articles cannot be reproduced without permission from the author. For any reuse or distribution, you must make clear to others the license terms of this work. The best way to do this is with a link to this web page.

Silakan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar, Insya Allah agar saya bisa rutin mengunjungi blog anda. Jika belum paham mengenai artikel Disable Seleksi Mouse, tanyakanlah. Jika ada usulan atau keluhan, izinkanlah saya mengetahuinya. Tanggapi dengan komentar yang bijak dan jangan sia-siakan waktu anda dengan melakukan spam.

3 Komentar:

tirta suryana said...

wah artikel anti copas y gan, copas boleh asal ada ijin dan pasang link yang punya kan gan, hehehe
salam kenal dari ane gan

tirta suryana said...

oh iya gan, ane dah follow ente tuh, jangan lupa follow balik gan biar lebih asyik lagi tuker link juga gan

Ihsanul Huda said...

Ok om, salam knal..
Dan sudah saya follow blog om..

Untuk tukar link mungkin nanti dulu y om saya masih blum siap, masih mikir mau dletakkn dmn link-linkny??
Maaf kalo bgitu tuk smntara ini..

Post a Comment