Tahun Copyright Berganti Otomatis

membuat tahun copyright blog berganti otomatis
Ketika membuat sebuah website atau juga blog, biasanya di bagian footer ditampilkan Copyright ©, disertai tahun pertama kali web tersebut mulai online sampai tahun saat sekarang. Memang keberadaan copyright di bagian footer ini sering diabaikan namun paling tidak kita sebagai pemilik blog sudah berusaha untuk melindungi hasil karya ciptaannya. Dalam dunia blog tentu kita tidak menginginkan apabila hasil kerja keras kita disalin kembali tanpa persetujuan dari kita. Dengan memasang copyright di bagian footer setidaknya kita mempunyai hak atas kepemilikan konten blog. Dan bagi siapa saja yang ingin memilikinya tentu harus meminta persetujuan dari pemiliknya. Bagi yang belum tau untuk mengganti tahun copyright secara otomatis pada tutorial sharing ini, mungkin setiap berganti tahun akan mengubahnya secara manual. Kalo seperti itu, meskipun setahun sekali tetap saja agak merepotkan. Padahal kalo bisa membuatnya secara otomatis kenapa tidak dicoba untuk membuatnya berganti sacara otomatis.  

Biasanya Copyright yang terpasang di bagian footer memiliki susunan seperti ini:

Copyright © | 2010 Misteri Blogger Pemula

Angka 2010 menandakan blog tersebut mulai diterbitkan.

Susunan seperti di atas tidaklah mutlak, tetapi masih bisa dikreasikan dengan tahun pada saat sekarang.  Sehingga bentuk tampilannya menjadi:

Copyright © | 2011 Misteri Blogger Pemula

Atau pula dikreasikan menjadi:

Copyright © | 2010-2011 Misteri Blogger Pemula

Angka 2010 akan secara otomatis berganti seiring dengan pergantian tahun.  Berikut ini script yang berfungsi untuk membuat tahun pada copyright menjadi berganti otomatis:
<script language="JavaScript">
<!--
        today=new Date();
        y0=today.getFullYear();
    </script>
    <center>Copyright © 2009-<script language="JavaScript">
      <!--- Hide from old browsers
        document.write(y0);
      // end hiding --->
    </script> <a href="http://oilink.blogspot.com"> Misteri Blogger Pemula </a></center> 
Jika anda hendak membuatnya, masukkan script di atas di bagian footer blog anda atau gadget HTML/Javascript. Silakan ganti angka 2010 dengan tahun pertama kali website atau blog dibuat, sertakan nama dan alamat URL web atau blog anda.

This work is protected by Copyscape and licensed under a Creative Commons Attribution - Non Commercial - Share Alike 3.0 Unported License. Articles cannot be reproduced without permission from the author. For any reuse or distribution, you must make clear to others the license terms of this work. The best way to do this is with a link to this web page.

Silakan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar, Insya Allah agar saya bisa rutin mengunjungi blog anda. Jika belum paham mengenai artikel Tahun Copyright Berganti Otomatis, tanyakanlah. Jika ada usulan atau keluhan, izinkanlah saya mengetahuinya. Tanggapi dengan komentar yang bijak dan jangan sia-siakan waktu anda dengan melakukan spam.

4 Komentar:

Blogger Ceria said...

boleh juga tipsnya.. :D

Ladida's Blog said...

wah , kalo saya masih pake manual . ,

makasii infonya . ,

Asis Sugianto said...

di blog saya masih ada copyrigth-nya sob,,,

Ihsanul Huda said...

@All: Thanks kawan kunjunganny, enjoy.. :)

@Asis Sugianto: Seep kang, p'tahankn hakcipta copyrightny, ttap smngat y sobat..

Post a Comment